4 Tingkatan Cinta Menurut Imam Al-Ghazali

Sunday, January 06, 2013
Apa itu Cinta.....?
Mungkin sebagian dari para pembaca blog Maktabah Akhiy Zulfan Afdhilla sudah pernah merasakan Mencintai atau Dicintai.

Menurut Imam al Ghazali, ada empat tingkatan Cinta

Pertama: Ada orang yang hanya mencintai diri sendiri, cinta diri. Segala ukuran kebaikan hanya diukur dengan kepentingan dirinya. Ini adalah cinta yang paling rendah kualitasnya.

Kedua: Ada orang yang mencintai orang lain sepanjang orang itu membawa keuntungan bagi dirinya. Jika keuntungan dari cinta itu sudah tidak ada maka cintanya putus. Cinta tingkat ini adalah cinta pedagang, cinta transaksional.

Ketiga: Ada orang yang mencintai orang baik, meski ia tidak diuntungkan (baca, tidak diterima) sedikitpun dari orang yang dicintainya itu. Cinta tingkat ini sudah termasuk cinta yang agung.

Keempat: Ada orang yang mencintai kebaikan murni terlepas dari siapapun yang memiliki kebaikan itu. Cinta tingkat ini adalah yang tertinggi, dan merekalah yang dapat mencintai Allah, karena Allah itu adalah kebaikan.

Sahabatku yang ingin segera menikah, jadikanlah sakinah mawaddah warahmah sebagai motiv cinta untuk menemukan jodoh kalian, cinta yang membawa ketenteraman, ketenangan dan kebahagiaan dalam mengarungi bahtera rumah tangga hanya dengan mengharap keridhaan Allah. Jangan putus asa, tetaplah berikhitiar dan memohon kepda Allah maka Allah akan mengirimkan jodoh yg terbaik untuk kalian.

Sahabatku, aminkan doa bila kalian ingin segera mewujudkan impian untuk mendapatkan jodoh yang terbaik dari sisi Allah, mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah.
'Rabbana hablana milladunka zaujan thayyiban wayakuna shahiban lii fiddini waddunya wal akhirah'
Artinya. 'Ya Tuhan kami, berikanlah kami pasangan yang terbaik dari sisi-Mu, pasangan yg juga menjadi sahabat kami dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.

Amin Ya Rabb Aalamiin.....

No comments:

Powered by Blogger.