Khatijah Membuat Suaminya Tenang

Wednesday, April 03, 2013
Khadijah Membuat Suaminya Tenang
Muslimahzone.com – Jadilah muslimah optimis. Haraplah kebaikan selalu. Percayalah sepenuhnya kepada Allah. Namun, jangan pula mengabaikan terhadap kerugian yang mungkin akan terjadi. Jangan pesimis menghadapi apapun. Jangan melihat kehidupan serba glap. Yakinlah, hal itu akan memberikan energi positif bagi suami dalam menghadapi berbagai peristiwa. Jadilah tangan yang penyayang, yang dengannya suami merasa tenang ketika menghadapai kesulitan. Selama suami kita berjalan di atas kebenaran dan menempuh sebab-sebab sesuai dengan kemampuannya, insya Allah semuanya akan baik-baik saja.

Istri yang beriman adalah istri yang membuat suaminya tenang ketika diguncang suatu masalah, dan selalu memberikan kabar gembira.

Perhatikanlah bagaimana sikap Ibunda Khadijah ketika suaminya kembali kerumahnya dalam keadaan panik dan jiwanya terguncang karena bertemu dengan Jibril. Saat itu, Muhammad Saw pertama kali mendapatkan wahyu dan melihat malaikat secara langsung. Beliau kembali kerumah dalam keadaan gemetar yang hebat, dan bingung dengan keadaan dirinya. Apalagi apa yang dialaminya adalah suatu peristiwa besar yang akan menentukan perjalan hidup dirinya dan seluruh manusia.

Suami Khadijah pulang kerumah dan berkata, “Selimuti aku…”. Setelah cukup tenang, suaminya menceritakan apa yang dialaminya dan berkata, “Saya khawatir terhadap diriku sendiri!”.

Lalu apakah yang dikatakan oleh Ibunda Khadijah, selaku seorang istri yang penuh perhatian dan kashi sayang?

Beliau mengatakan sesuatu yang tercatat dalam sejarah keagungan Ummul Mukminin. Suatu perkataan yang menyejukan hati seorang suami yang sedang bimbang luar biasa. “Sekali-kali tidak! Allah tidak akan mengecewakanmu, selamanya. Sesungguhnya kamu menyambung tali persaudaraan, memikul beban kesulitan orang lain, sukan membantu, menjamu tamu dan senantiasa membela kebenaran.”

Khadijah tidak hanya mengingatkan tentang Allah, tetapi juga menyanjung dan memuji kepribadian suaminya, disaat jiwa suaminya sedang berguncang. Maka, sirnalah rasa khawatir pada diri Muhammad Saw, dan muncullah rasa tenang.

Perhatikanlah, wahai istri yang ikhlas dan santun. Kalimat yang dilontarkan oleh Khadijah sungguh sangat lembut dan sejuk. Apakah kita pernah memberikan ketentraman kepada suami kita seperti ini? Semoga!

*Disadur dari Smart Wife terbitan Cakra Lintas Media

(esqiel/muslimahzone.com)

No comments:

Powered by Blogger.