Tiga Software Kitab Tafsir Digital Terbaik Yang Sangat Direkomendasikan!

Monday, April 11, 2016
Bagi kita yang fokus pada pengkajian Al-Quran atau tepatnya bagi mahasiswa jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir terkhususnya dan pelajar, pengajar serta masyarakat umum tentunya sangat membutuhkan kitab-kitab Tafsir untuk mengkaji Al-Quran.

Ada sekitaran 30 lebih kitab tafsir yang ada di dunia ini. Dan dengan jumlah dan ukuran yang tidak biasa. Serta tentu pula berdampak pada harga yang sangat fantastis.

Sebagaimana nasehat imam Syafi'i:
Wahai saudaraku, ilmu tidak akan diraih kecuali dengan enam syarat dan akan aku ceritakan perinciannya dibawah ini:
Cerdik, perhatian tinggi, sungguh-sungguh, bekal, dengan bimbingan guru dan panjangnya masa.
Iya bekal dan harta juga dibutuhkan dalam menimba ilmu. Karena ilmu itu juga harus dibeli dalam bentuk jasa dan materi. Baik biaya belajar maupun peralatan belajar dan kitab. Berapa sih biaya dan harga sebuah kitab tafsir?
  1. Tafsir Muyassar Rp. 315.000,-
  2. Tafsir Al-Baghawi Rp. 540.000,-
  3. Tafsir As-Sa'ady Rp. 910.000,-
  4. Tafsir Ibnu Katsir Rp. 1.300.000,-
  5. Tafsir Al-Qurthuby Rp. 3.842.000,- 
  6. Tafsir At-Thabariy Rp. 5.196.000,-
Harga mungkin dapat berubah dimanapun dan kapapun. Jangankan untuk 30 kitab tafsir, untuk 6 kitab tafsir sendiripun harus memakan biaya sebesar 10 juta lebih. Ini sangat fantastis.

Maka bersyukurlah kita hidup dimasa teknologi sudah begitu berkembang dan anda juga mengunjungi web ini. Karena pada kesempatan ini saya akan membagi-bagikan software khusus pembahasan kita, yaitu software tafsir.

Setidaknya ada 3 software terbaik untuk kitab tafsir digital dibandingkan beberapa software lainnya. Software ini juga berdasarkan pengalaman saya dalam memakainya, sangat memuaskan dan sangat berguna. inilah ketiga software kitab tafsir digital terbaik yang sangat direkomendasikan.

1. Ayat

Walaupun memiliki nama yang begitu singkat, namun nyatanya software ini tidak sesingkat namanya. Ini salah satu proyek besar dari King Saud University, yaitu membuat Al-Qur’an Digital Terlengkap. King Saud University adalah salah satu universitas terbesar di Arab Saudi. Software Al Qur’an Digital ini digarap dengan serius dan profesional serta didanai secara penuh oleh King Saud University.

Software ini memiliki banyak fungsi diantaranya dilengkapi dengan mode hafalan, murattal per ayat dengan belasan Qari, pencarian ayat, terjemahan dan tafsir. Untuk tafsir Ayat menghadirkan enam Kitab Tafsir yaitu Tafsir As-Sa’di, Tafsir Ibn Katsir, Tafsir Al-Baghawi, Tafsir Al-Qurthubi, Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Al-Muyassar


2. Mtafsir

Inilah Mtafsir, sebuah software kitab tafsir digital yang dibuat oleh Abu Zakariyya. Nama asli dari software ini adalah Mushaf Mufassir (المصحف المفسر). Tentunya bagi kami dan juga saya yang merupakan mahasiswa Ushuluddin jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir sangat bergembira dengan adanya software ini. Apalagi hadirnya software ini secara gratis didownload, karena mahalnya harga kitab tafsir.

Software ini tidak perlu diinstal. Cukup mengklik mtafsir.exe maka aplikasi langsung berjalan. Tampilannya cukup memukau dan indah. Bedanya dengan Ayat, software sudah ini memuat 7 kitab tafsir diantaranya Tafsir Muyassar, Thabari, Baghawi, Ibn Kathir, Qurthuby, Sa'ady, dan Tafhim Abu Maududi.

3. Maktabah At-Tafasir

Software ini layaknya Maktabah syamilah, bedanya dikhususkan untuk kitab kitab tafsir mu'tabarah dengan jumlah lebih dari 20 kitab. Kelebihan software ini bisa menampilkan suara dari ayat yang sedang dikaji dengan Qari' Syaikh Mahmud Khalil al-Hushairi. Ini semakin membuat kita khusyu' dalam mengkaji tafsir.

Karena doftware ini berupa file ISO, maka untuk menggunakannya kita membutuhkan software pembuat CD/DVD virtual dari file ISO. Ada banyak software yang berfungsi sebagai pembuat virtual drive seperti Power ISO, Daemoon Tool, Win Mount, dll. Disini kami menggunakan Win Mount untuk membuat virtual drive software ini.


Demikian rekomendasi saya untuk 3 software terbaik yang dapat anda gunakan secara gratis untuk mengakses kitab-kitab Tafsir. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke kawan anda!

2 comments:

Powered by Blogger.